Maung Bandung Di Bawah Kepelatihan Dejan Antonic

Maung Bandung Di Bawah Kepelatihan Dejan Antonic

Maung Bandung Di Bawah Kepelatihan Dejan Antonic. Setelah ditinggal pelatih Djadjang Nurjaman melawat ke Inter Milan, posisi pelatih tim Persib Bandung kini dipegang oleh Dejan Antonic. Pria asal Serbia itu kini bertanggung jawab untuk melatih skuad Maung Bandung sekaligus melanjutkan kesuksesan yang ditinggalkan oleh pelatih sebelumnya. Bukan perkara mudah, namun pria yang pernah melatih Pelita Bandung Raya ini optimis bisa membawa Persib menjadi juara. Dejan mengaku tantangan di Persib cukup berat terlebih dengan perubahan tim yang sebagian besar bintang-bintangnya telah keluar.

Maung Bandung Di Bawah Kepelatihan Dejan Antonic

Maung Bandung Di Bawah Kepelatihan Dejan Antonic

Pelatih baru, formasi baru. Nampaknya hal itu akan diterapkan oleh pelatih berusia 47 tahun ini. Dejan akan menerapkan 2 formasi baku yaitu 4 – 3 – 3 atau 4 – 1 – 4 – 1. Dengan formasi tersebut diharapkan permainan maung bandung akan lebih agresif dalam menyerang tanpa melupakan pula pembangunan kekuatan dari lini tengah dan belakang. Pertahanan pun tetap menjadi PR untuk semakin diperkuat. Formasi Dejan berbeda jauh dengan formasi yang biasa dimainkan pelatih Djadjang dulu, yaitu pada 4 – 1 – 2 – 3 atau 4 – 2 – 3 – 1. Meskipun dalam permainan kandang formasi 4 – 3 – 3 juga kerap digunakan oleh pelatih Djadjang.

Maung Bandung Di Bawah Kepelatihan Dejan Antonic

Meskipun kedua formasi Dejan menjadi formasi baku dalam laga pertandingan, namun Dejan masih mengandalkan sektor sayap untuk berperan mendobrak pertahanan lawan. Dan lagi formasi baku Dejan juga akan disesuaikan dengan kondisi pertandingan. Jika pertandingan dirasa lebih baik memakai formasi di luar kedua formasi baku tersebut, maka Dejan pun tidak akan ragu untuk menggantinya. Selain itu posisi pertandingan di kandang ataupun tandang lawan juga berpengaruh pada penggunaan formasi yang cocok.

Rupanya keinginan pelatih Djadjang sebelum melawat ke Inter Milan akan menjadi kenyataan. Yaitu munculnya pemain-pemain muda di tubuh Persib. Rupanya Dejan pun memiliki misi dan visa yang sepaham untuk membuaa pemain muda tampil gemilang di lapangan. Meskipun targetnya di Persib untuk menjadikan tim tersebut sebagai juara tapi Dejan juga ingin mewujudkan hal lainnya. Baginya, mengorbitkan pemain muda seperti hasrat tersendiri sebagai seorang pelatih. Bisa dilihat dari track recordnya dalam melatih Pelita Bandung Raya sebelumnya yang juga berhasil menerbitkan nama-nama pemain muda. Sebut saja Rachmad Hidayat dan Wawan Febrianto. Sebelumnya pemain-pemain ini tidak menjadi andalan namun di bawah kepelatihan Dejan, mereka justru bertranformasi menjadi pemain bintang.

Dan seperti ingin melanjutkan tradisinya tersebut. Dejan ingin melahirkan bintang baru di Persib ini, bukannya merekrut pemain bintang. Pemain senior di Persib sendiri saat ini adalah I Made Wirawan, Atep, Tony Sucipto dan Hariono. Dan untuk sisanya Dejan diberi keleluasaan untuk mengisi skuadnya tersebut. Rencananya sendiri Dejan ingin merekrut 2 sampai 3 pemain muda yang akan disulapnya menjadi pemain bersinar. Baginya merekrut pemain muda seperti mempersiapkan regenerasi. Jika pemain senior sudah kehabisan waktu maka diharapkan pemain muda yang sudah terlatih siap untuk menggantikan posisi mereka di lapangan hijau. Tentu saja hal ini diharapkan bisa dijalankan pula oleh tim-tim lain di Indonesia. Sehingga kelak dunia sepak bola Indonesia bisa maju dan lebih dinamis.

Dengan terpilihnya Dejan sebagai pelatih Persib kini tinggal mencari sosok kapten yang tepat untuk tim tersebut. Dejan sendiri sudah mengantongi 5 nama yang menurutnya memiliki kualifikasi bagus sebagai kapten yaitu Atep, I Made Wirawan,Tatan, Hariono dan Tony Sucipto. Kesemuanya adalah para pemain senior sekaligus pemain timnas. Bisa dipastikan jam terbang mereka pun sangat tinggi. Namun apa saja yang menjadi persyaratan seorang kapten bagi Dejan ?

Menurut pelatih Dejan, seorang kapten haruslah orang yang jujur, kuat, bersih dan terutama adalah orang lokal. Ditambah lagi sikap loyalitas kepada tim, terutama untuk Persib sendiri. Syarat lainnya lagi adalah pernah ikut membawa Persib menjadi juara. I Made Wirawan merupakan pemain paling senior di antara lainnya yang cocok dengan persyaratan sebagai kapten Persib. Namun Atep dan Hariono sendiri adalah pemain terlama di skuad Persib dengan pengalaman yang juga sangat mumpuni. Sedangkan Tony Sucipto dan Tantan juga pemain yang patut diperhitungkan. Mereka memiliki pengalaman bermain yang tinggi dan sering membawa kemenangan bagi tim-tim mereka sebelum bergabung di Persib.

Siapapun kapten yang terpilih nantinya merupakan piliha terbaik dari Pelatih Dejan. Namun Dejan sendiri pun masih akan berdiskusi dengan para pemain lainnya untuk menentukan kapten terbaru mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *