Bacary Sagna dalam Karirnya di Sepak Bola

Bacary Sagna dalam Karirnya di Sepak Bola

Bacary Sagna dalam Karirnya di Sepak Bola.  Siapa yang tak pernah mendengar nama Bacary Sagna? Pemain ini dilahirkan di Negara yang terkenal dengan keromantisannya, Negara yang terkenal dengan nada bicara yang seksi dan sebuah kebetulan hebat ia dilahirkan pada tanggal 14 Februari 1983, di hari Valentine, hari kasih sayang. Tak heran jika dalam menggeluti karirnya sebagai pesepak bola, ia menekuninya dengan penuh kasih sayang dan kehati-hatian. Pemain dengan tinggi badan 176 senti meter ini tidak perlu khawatir dengan angka tersebut, tinggi badannya yang dalam dunia sepak bola masuk kedalam kategori “pendek”, tidak mengurungkan niatnya untuk terus berlatih menjadi pemain sepak bola handal yang dikagumi banyak penggemar didunia.

Bacary Sagna dalam Karirnya di Sepak Bola

Bacary Sagna dalam Karirnya di Sepak Bola

Pemain yang dilahirkan di sebuah kota kecil di Perancis bernama Sens ini sekarang berada di posisi Bek Kanan, membela klub Manchester City dengan nomor punggung resmi 3. Seperti para pemain bola kebanyakan, Sagna mengawali karir mudanya dengan klub local kota kelahirannya, klub Sens. Disana ia ditempa menjadi seorang pemain sepak bola muda yang mulai menghilangkan rasa malu dalam menunjukkan bakat bermain bolanya. Setelah selesai bermain bersama Sens, Sagna saat itu bergabung dengan Auxerre. Tepatnya pada tahun 1998 sampai dengan tahun 2002, dimana ia melanjutkan perjalanannya sebagai pesepak bola muda yang sedang meng-improve kemampuannya dalam dunia sepak bola yang ia sukai.

Setelah cukup dewasa bersama Auxerre, Sagna akhirnya dipromosikan untuk membela skuat senior dalam klub tersebut dan telah ditampilkan sebanyak 37 kali. Dalam 37 kali penampilannya tersebut, Sagna berhasil menyumbangkan 3 buah gol kemenangan untuk Auxerre B. Kemudian ia melanjutkan kejutan-kejutannya bersama Auxerre dan dalam dua musim selanjutnya dimana ia tampil sebanyak 89 kali, sayangnya ia belum sempat memberikan kontribusi signifikan. Disitulah karirnya sedang mengalami penurunan drastis dan mulai banyak rumor yang beredar soal dirinya yang dianggap ‘mandul’. Namun itu tidak sepenuhnya benar, pasalnya pada musim transfer 2007, salah satu klub raksasa Liga Premier, Arsenal, menancapkan pilihannya pada Sagna.

Sagna resmi membela Arsenal terhitung sejak 2007 hingga 2014. Selama kontraknya bersama Arsenal, Sagna telah diturunkan untuk memperkuat pertahanan tim sebanyak 213 kali. Dalam 213 kesempatan tersebut, ia mampu menghasilkan 4 gol yang sudah jelas sangat berarti untuk Arsenal pada tiap pertandingan itu. Kemudian setelah kontraknya diumumkan akan habis pada tahun 2014, ia memutuskan untuk menyetujui bergabung dengan Manchester City. Sejauh ini, karirnya bersama Manchester terbilang berjalan dengan baik. Ia diakui sebagai seorang bek kanan yang memiliki teknik bagus ketika bermain. Cekatan dan mengambil keputusan dengan cepat tanpa memakan waktu terlalu lama sehingga tidak membuka celah untuk lawan merebut bola dari kakinya.

Namun, Sagna adalah pemain dengan kewarganegaraan ganda. Kewarganegaraan ganda diperbolehkan di Perancis. Namun hal ini sempat menyulitkannya di pertengahan karirnya. Saat itu, Sagna sempat terlintas dipikirannya untuk membela tim nasional Senegal dan mengajukan permintaan tersebut, namun ia mendapat tolakan dari Senegal dan tolakan itupun datangnya telat. Sagna justru sudah terlebih dahulu membela tim nasional Perancis U-21 dan memberikan penampilan yang baik. Sagna pernah mendapatkan kesempatan untuk membela Perancis ketika berhadapan dengan Slovakia pada UEFA Euro tahun 2008 silam, yang merupakan pertandingan Euro perdananya. Meskipun pada Euro 2012 ia tidak diturunkan, bukan sebuah hal yang tidak mungkin ia akan mentas di Euro 2016 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *